Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome church
Start exploring

The Heart Of Christmas

Ringkasan khotbah Pdt. Chris Manusma.
Minggu, 25 Desember 2016

Lukas 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Alkitab mengajarkan bahwa setiap kali kita membaca ayat ini; “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, …” Artinya Yesus tidak bicara tentang 2000 tahun yang lalu, tapi setiap hari Yesus harus ada dalam hidup kita.

Dari ayat ini kita lihat Yesus punya tiga jabatan penting;

  1. Juruselamat.  Tidak ada nabi siapapun yang berani menyatakan bahwa “Saya Juruselamat!” Dia ahlinya menyelamatkan kita dari apa saja.
  2. Raja yang diurapi.
  3. TUHAN.

Kata ‘Tuhan’ diambil dari bahasa Yunani yaitu Kurios, diterjemahkan sebagai penguasa tunggal. Ada 2 arti kata ‘Tuhan’;

(1) ‘Lumbung roti’. Itulah Tuhan kita yang sanggup menyediakan roti bagi semua orang.  (2) ‘Penguasa sistem’ atau manajer sistem yang mengatur semua sistem. Satu-satunya berita kelahiran Kristus yang tidak mengutip nubuatan para nabi Perjanjian Lama, itulah Injil Lukas. Karena malaikat yang langsung memberitahukannya.

Lukas sedang mengatakan bahwa yang lahir hari ini  adalah penguasa sistem. Malaikat sedang mengatakan bahwa mulai hari ini dunia hidup dibawah satu sistem yang baru, tidak lagi dengan sistem yang lama. Tidak lagi dengan cara-cara yang lama. Itu pengumuman kelahiran Yesus Kristus. Itulah ‘Jantungnya Natal’ (The Heart of Christmas).

Di alam semesta ini ada 3 manajemen: (1) Kerajaan Allah. (2) Kerajaan dunia. Awalnya kerajaan dunia, rajanya itu manusia (Adam). Sebab Adam adalah perwakilan Allah di dunia. Kemudian Adam menyerahkan kemampuan untuk mengatur dunia kepada iblis. Setelah itu baru ada (3) Kerajaan kegelapan. Di sini sistem itu dipegang oleh iblis. Jika kita tidak hidup dalam penebusan, maka kita akan hidup dalam sistem itu.

I Yohanes 5:19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.

Jadi siapa yang berkuasa, dia yang mengatur. Masalahnya kita mengaku orang percaya, tapi kita tidak ganti manajemennya.

Lukas 2:12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

Apa artinya ‘bayi di dalam palungan’?

Salah satu tanda Kerajaan Allah adalah ‘kesederhanaan Kristus’. Sederhana bukan susah, sederhana bukan miskin, tapi sederhana artinya tidak rumit. Kerajaan Allah sedang menyodorkan sesuatu yang tidak rumit. Ciri berita Natal adalah (1) kemuliaan bagi Allah, (2) damai sejahtera dan (3) perkenanan. Ini merupakan kualitas dari manajemen Kerajaan Allah.

Roma 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Semua orang dapat mencari harta dan kekayaan tanpa Yesus, tapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita hanya datang dari Roh Kudus.

Sistem Kerajaan Allah memiliki nilai yang banyak disalahmengerti yaitu; Damai sejahtera. Sebab damai sejahtera menunjukkan kualitas hubungan. Hubungan dengan suami/isteri, hubungan dengan teman, hubungan dengan kekasih, hubungan bisnis atau hubungan apapun, kualitasnya dapat dilihat dari damai sejahteranya.

Setiap kita boleh memiliki kekayaan dan harta yang banyak, tapi jika tidak ada damai sejahtera, artinya neraka sedang masuk ke rumahmu. Jadi jantung dari Natal (The Heart of Christmas) cirinya adalah damai sejahtera. Ciri dari sistem kerajaan kegelapan adalah mencuri, membunuh dan membinasakan. Ironisnya banyak orang yang mengaku Kristen masih ada di situ.

Kata ‘dunia’ di sini tidak bicara tentang tempat, tapi sistem.

Efesus 2:1-2  1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.  2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

“…kamu mengikuti jalan dunia ini, …” Artinya kamu mengikuti sistem dunia ini.

“…kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, …” Artinya kita mentaati tuhannya dunia ini.

Sayang sekali jika kita ada di gereja, kita mengaku orang percaya dan anak Tuhan, tapi kita ada di bawah sistem dunia. Waktu Tuhan selamatkan kita, artinya Tuhan pindahkan kita dari sistem dunia kepada sistem Kerajaan Allah.

Contoh hidup dengan sistem Kerajaan Allah adalah Daniel. Daniel hidup di Babel, tapi dia hidup dengan sistem spiritual dengan tidak mencemarkan dirinya. Mereka dididik dan diganti namanya dengan nama para dewa Babel (Daniel 1:1-7). Yang kita dapat pelajari dari kisah Daniel adalah hal-hal dari luar tidak dapat mengubah kita. Daniel hidup di Babel tapi dia hidup dengan sistem Kerajaan Allah. Akhirnya Daniel menjadi yang terpandai dari semuanya.

Bagaimana caranya hidup dengan sistem spiritual?

Condongkan hati kita pada keinginan Roh lebih dari keinginan dunia. Jika kita pakai cara profetik, dunia pakai cara tenung. Tenung adalah kemampuan melihat masa depan dari kerajaan kegelapan. Dengan kata lain orang yang terlibat tenung akan melihat masa depan dengan cara pandang kerajaan kegelapan.

Daniel 6:5 Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.

Saat ini mungkin orang lain sedang mencari kesalahan kita, karena mereka memakai sistem dunia sedangkan kita hidup dengan sistem Kerajaan Allah.

Matius 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Untuk ‘Jantungnya Natal’ (The Heart Of Christmas) ini lebih sulit dari menciptakan alam semesta. Sebab untuk menciptakan alam semesta Tuhan hanya berfirman, tapi untuk menebus manusia Tuhan harus turun jadi manusia dan harus menumpahkan darahNya dan disiksa sebagai manusia. Yesus bukan hanya menyelamatkan dunia, penyakit, penderitaan, tapi Dia juga menyelamatkan setiap pribadi kita.

Dalam setiap kita ada sifat buruk yang membuat kita buta, membangkang terhadap Tuhan. Sebab itu mari kita kembali kepada Yesus dan alami Dia, maka kita akan dikembalikan kepada posisi kita yang sebenarnya.

Kolose 1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

II Kor. 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

“Yesus mati bukan untuk saya tapi Yesus mati sebagai saya. Supaya Bapa di Sorga tidak melihat saya yang telah berdosa, tapi melihat Yesus yang ada di dalam saya.”

Kita tidak dapat membenarkan diri dengan segala perbuatan baik apapun. Jadi berita baiknya adalah darah Yesus sanggup menghapus segala pelanggaran kita.

Kolose 1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

Inilah rahasia Yesus di dalam kita, Dia yang mengerjakan kebaikan di dalam kita. Artinya perubahan kita berasal dari Yesus yang di dalam kita. Kita tidak akan bisa sempurna, dengan hidup tanpa dosa sama sekali. Tapi kalau kita bergantung pada Yesus, izinkan Dia bekerja dari dalam.  Kita akan terus diubahkan dari hari ke hari dan kita akan naik kelas. Alkitab kasih tahu bahwa hutang dosa kita telah dibayar lunas oleh Yesus. Sebab itu kita diubahkan dan kita dapat hidup dengan sistem yang baru, yaitu sistem Kerajaan Allah. Amin.

“Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” Lukas 2:14

 

 

 

Leave a Reply